Senin, 02 April 2018

3 Orang Terkaya Indonesia Ini Dulunya Miskin Lho



Foto: Bisnis
ORANG-ORANG terkaya di Indonesia tak semua lahir dari keluarga berada. Ada juga yang memulai bisnis dari nol karena berasal dari keluarga miskin.  

Yes, dari jajaran 10 orang terkaya di Indonesia versi majalah Forbes, beberapa lahir dari keluarga miskin. Mereka harus bekerja banting tulang hingga sukses dan menjadi orang kaya. Hal itu menunjukkan bahwa kaya itu bisa diraih dengan kerja keras dan sukses merupakan hak semua orang, bukan hanya mereka yang mendapat warisan kekayaan dari orang tua atau kakek-neneknya. 

1.  Eka Tjipta Widjaja

Foto: Wikipedia
Eka Tjipta Widjaja

Eka Tjipta Widjaja adalah imigran asal China ke Makassar, Sulawesi Selatan. Eka lahir dari keluarga miskin sehingga membuatnya harus bekerja sejak kecil. Eka pernah menjual biskuit saat ia masih belia. 

Selain itu, pria yang kini berusia 94 tahun ini, menurut Forbes,  juga pernah berjualan kopra. Kekayaannya kini mencapai US$ 9,1 miliar atau setara Rp 122 triliun. 

Eka sukses dengan konglomerasi bisnis lewat perusahaan yang didirikannya, Sinar Mas. Kini Sinar Mas punya banyak lini bisnis, mulai dari properti, bank, perkebunan, industri, telekomunikasi dan lainnya. 



2. Chairul Tanjung

Ilustrasi: Okezone
Chairul Tanjung

Chairul Tanjung adalah pemilik CT Corp, terlahir dari keluarga kelas bawah. Saat masa sekolah bakat bisnisnya mulai terlihat, misalnya menjadi panitia penyelenggara tour sekolah. Saat kuliah talenta bisnisnya makin berkembang, yakni sudah sukses berbisnis foto copy. Ia kemudian merambah ke bisnis alat praktik kedokteran saat di kampus. 

Bukti lain bahwa Chairul Tanjung tanjung dari keluarga miskin, Buku biografi inspiratifnya tentang kisah hidup dan kesuksesannya, dituangkan dalam buku ''Si Anak Singkong''.

Kini lewat perusahaannya, pria yang akrab disapa CT ini punya banyak lini bisnis. Mulai dari media, ritel, bank, properti dan lainnya. Kekayaan Chairul Tanjung mencapai US$ 3,6 miliar atau Rp 48,6 triliun.

3. Boenjamin Setiawan

Foto: Maxmanroe
Boenjamin Setiawan 

Boenjamin Setiawan adalah pendiri Kalbe Farma. Dia memulai usaha bisnis farmasi dari sebuah garasi mobil. "Itu perusahaan bekas garasi. Kalau mau memulai usaha dari garasi, ini dialami oleh pengusaha dunia lainnya, kenyataannya berhasil," kata Boenjamin.

Bisnis Kalbe Farma, menurut Boenjamin, diawali dengan membuat produk obat cacing. Dari keuntungan bisnis itu, ia putar lagi menjadi investasi dan seterusnya hingga besar seperti sekarang ini. Kekayaan Boenjamin mencapai US$ 3,65 miliar atau Rp 49 triliun.

Nah lho, jangan hanya lihat kehebatan mereka setelah sukses ya? Tengok juga bagaimana perjuangan mereka, pahit dan getirnya memulai usaha dari nol, tidak punya modal karena mereka dari keluarga miskin. 

Berkat kerja keras dan keuletan yang pantang menyerah, anak-anak dari keluarga miskin ini kini menjadi sosok-sosok orang terkaya yang kisah kesuksesannya sangat menginspirasi. (sb-18)

Diadaptasi dari: Detikfinance.com





Share This
Previous Post
Next Post

Professional trader and journalist. He's a simple man.

0 komentar: