Selasa, 01 Mei 2018

Tutorial Cara Mudah Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Foto: Bruce Mars (Pexels)

PELUANG bisnis online makin tak terbatas. Hampir semua bidang bisnis yang dulunya hanya bisa dijalankan secara offline, kini bisa menghasilkan keuntungan maksimal, bahkan berkali lipat setelah didukung dengan promosi dan penjualan secara online.

Maka, para pebisnis pun beramai-ramai melakukan migrasi dari offline ke online, atau sekaligus menjalankan bisnis offline didukung online. Namun, bagaimana cara memulai bisnis online bagi pemula? Tentu saja diperlukan waktu untuk belajar sekaligus praktik bisnis online, tidak bisa dilakukan secara instan. 



Yang pasti, bisnis online itu lebih mudah dan diperlukan biaya yang relatif kecil dibanding bisnis konvensional atau bisnis offline. Sebab, bisnis online mampu memangkas biaya beli bangunan toko atau sewa toko , biaya perizinan, dan segala keruwetan birokrasi dalam membangun suatu usaha. 

Jika Anda benar-benar ingin serius memulai bisnis online, maka harus mau menjalankan dengan penuh semangat tahap-tahap memulai bisnis online. Berikut ini tutorial cara mudah memulai bisnis online bagi pemula:

1. Persiapan Toko Online

Tahap persiapan mencakup penentuan sistem penjualan, menentukan produk yang akan dijual, menentukan jasa pengiriman, menentukan jalur pemesanan, dan branding toko online.

a. Sistem Penjualan
 Sejak awal harus segera Anda tentukan, apakah toko online yang akan Anda kembangkan itu menggunakan sistem ready stock, pre order, atau dropship. Jika memilih menjual secara ready stock, sebaiknya juga ditentukan apakah barang ready yang akan dijual berasal dari produksi sendiri, reselling dari pihak lain, atau konsinyasi. 
Bagi yang belum memiliki modal cukup untuk ready stock, bisa memilih sistem dropship, yaitu hanya menjualkan atau mempromusikan produk dari pihak ketiga di website toko online kita, tetapi kita tidak menyetok barang. Jika ada pembeli melalui toko online kita, barulah kita memesan produk yang dibeli tersebut kepada  pihak ketiga, dan pihak ketiga itulah yang akan mengirimkan barang langsung ke pembeli yang melalui took online kita. Jadi bisa dibilang, bisnis toko online dropship ini tanpa modal atau bisa dimulai dengan modal minim.

b. Menentukan Produk
Tentukan jenis produk yang akan dijual agar tujuan bisnis lebih terfokus. Tentukan apakah Anda akan menjual produk fashion, kerajinan tangan, perlengkapan hobi, buku, dan sebagainya.

BACA JUGA:  7 Ide Bisnis Paling Laris Di Jaman Now



Foto: Kaboompics (Pexels)
c. Menentukan Jasa Pengiriman
 Tentukan jasa pengiriman yang bertarif cukup murah dan dapat menjangkau wilayah yang luas. Jasa pengiriman yang paling banyak digunakan oleh para pelaku bisnis toko online adalah JNE, J&T, dan Pos Indonesia.

d. Menentukan Jalur Pemesanan
Tentukan apalah jalur pemesanan melalui website, media sosial (Facebook, Instagram) atau menggunakan short messages service (SMS),  WhatsApp (WA), Line, atau email marketing.  Sesuaikan jalur pemesanan dengan target konsumen, pilih yang paling mudah untuk konsumen.

BACA JUGA:  5 Media Wajib Untuk Optimalkan Omzet Bisnis

e. Branding
Buat nama toko online yang unik dan mudah diingat, buat logo yang membuat konsumen lebih mengingat toko online Anda, dan lakukan promosi secara efektif dan intensif melalui media sosial atau sarana promosi online lainnya.

Selain melakukan branding (promosi) toko Anda, sebaiknya juga diikuti personal branding atau promosikan diri Anda sebagai pemilik took online tersebut melalui media sosial, terutama Facebook atau Instagram. Personal branding sangat diperlukan untuk membangun kepercayaan calon konsumen di toko online Anda. 

2. Membuat Website 

Jika Anda ingin serius mengembangkan toko online, tahap selanjutnya Anda harus membuat website untuk toko online Anda tersebut.  Website toko online membuat pelanggan lebih mudah dalam berbelanja. Gunakan website yang menggunakan domain berbayar untuk memberikan kesan profesional dan membuat calon konsumen lebih percaya untuk berbelanja.

3. Siapkan Strategi Promosi

Salah satu hal penting yang perlu disiapkan untuk mencapai kesuksesan berbisnis online adalah strategi promosi yang efektif. Lakukan promosi di berbagai media sosial seperti Instagram, Facebook, Twitter, Kaskus, Line, dan Path. Buat promo atau event yang dapat memperbanyak jumlah follower sehingga pangsa pasar semakin luas.



4. Buat Target

Dalam menjalankan bisnis apapun diperlukan target yang jelas untuk mencapai kesuksesan, termasuk dalam berbisnis online. Buat target yang jelas dan detail mengenai omzet, laba, return of investment (ROI), dan target waktu pencapaian. Jadikan target tersebut sebagai acuan dan motivasi untuk meraih kesuksesan dalam berbisnis.
5. Manajemen Keuangan yang Rapi
Hal yang tidak kalah penting dalam menjalankan bisnis online adalah manajemen keuangan yang rapi. Buat catatan secara detail mengenai kas masuk, kas keluar, saldo, dan rugi laba. Pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi.

BACA JUGA:  Ternyata 7 Hal Ini Wajib Dilakukan Untuk Sukses Bisnis

Demikian tahap-tahap memulai bisnis online bagi pemula.  Seusai baca artikel ini, langsung praktik ya. Ayo semangat meraih sukses bisnis online. (sb-18)

Referensi: Sahabatpegadaian.com





Share This
Previous Post
Next Post

Professional trader and journalist. He's a simple man.

0 komentar: