Kamis, 07 November 2019

Tips Sukses Memulai Bisnis Online Anti Gagal dan Bisa Tanpa Modal

Foto: Pexels

SEBELUM  terjun menjadi pelaku bisnis online, Anda harus tahu dan paham dulu apa itu bisnis online. Ini penting agar Anda tidak asal-asalan dalam memulai bisnis online. Ingat, sesuatu yang dikerjakan secara asal-asalan, bisa diprediksi hasilnya pun asal-asalan, dan sudah dipastikan akan berakhir dengan kegagalan.

Ingat, yang namanya bisnis itu butuh modal usaha. Namun dalam berbisnis online, jika Anda jeli dan cerdas memanfaatkan peluang, bisa juga menjalani bisnis online anti gagal dan bisa  tanpa modal. Kalau pun perlu modal sangatlah kecil, dan bisnis online sudah bisa jalan. Lanjutkan membaca artikel ini sampai tuntas, maka Anda akan menemukan ide-ide bisnis luar biasa yang bisa Anda pilih  sesuai dengan passion (minat), skill (keahlian), dan  kemampuan Anda dari segi modal usaha. 

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya atau pun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Pada era modern saat ini, berbisnis online sudah banyak dilakukan orang, bahkan sebagian dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama mereka. 


Yang menarik, Anda bisa sukses dan menjadi kaya dari bisnis online asal tahu rahasia dan menguasai ilmunya. Sekarang saya ingin bertanya, mengapa kini bisnis online menjadi pilihan favorit para milenial hingga generasi yang sudah berumur? Jawabnya, bisnis online memiliki banyak keuntungan dan kemudahan. Mari kita bandingkan antara bisnis konvensional (offline) dengan bisnis online.

Bisnis Konvensional:
  • Modal relatif besar, misalnya membuka toko, nilai sewa tempat/ruko cukup tinggi
  • Memerlukan pegawai 
  • Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu
  • Tidak bisa full time, ada jam buka
  • Bergantung dengan cuaca
  • Anda harus terlibat langsung
Keuntungan dan Kemudahan Bisnis Online:
  • Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik
  • Bisa tanpa pegawai
  • Jangkauan pemasaran luas 
  • Bisa full time 24/7 penuh
  • Bebas kendala cuaca
  • Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat otomatis. Butuh sedikit penanganan manual.
Jenis  Bisnis Online:

Bisnis online itu banyak sekali jenisnya, tapi intinya yang namanya bisnis adalah jualan. Bisa juara barang, software, dan jasa. Dari cara berjualannya, bisnis online itu ada tiga jenis, yakni:
  1. Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.
  2. Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.
  3. Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik. 
Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online ada tiga  pihak:
  • Owner: adalah pemilik produk atau jasa.
  • Marketer: adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
  • Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.

Syarat Menjalankan Bisnis Online:
  1. Mampu mengoperasikan personal komputer (PC)/laptop dengan baik. Karena semua kegiatan dilakukan via online/internet maka kemampuan mengoperasikan PC/laptop mutlak diperlukan.
  2. Memiliki koneksi internet yang cepat. Kecepatan koneksi internet sangat berpengaruh dalam menjalankan bisnis online, jangan sampai aktivitas Anda tertunda karena koneksi internet yang lemot. Bisa-bisa Anda akan kesal dibuatnya.
  3. Memiliki email. Membuat email adalah hal yang mudah. Untuk berbisnis online, email banyak sekali manfaatnya. Jadi biasakan diri Anda berinteraksi menggunakan email. Email bisa bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales letter, mendaftarkan diri di berbagai website, dll. 
  4. Memiliki akun bank loka. Sebaiknya Anda punya lebih satu rekening bank lokal, ya setidaknya tiga bank. Karena ini akan memudahkan customer Anda untuk transfer. Biasanya customer cenderung mencari akun bank yang sama. 
  5. Memiliki akun bank sedunia. Paypal contohnya. Jika Anda menargetkan pasar luar negeri maka punya akun paypal wajib hukumnya. Karena memudahkan transaksi kedua belah pihak, penjual dan pembeli. 

7 Ide Bisnis Online Terpopuler

Kesuksesan dalam bisnis, ditentukan oleh tiga hal. Pertama, kemampuan Anda memilih bidang bisnis yang tepat. Kedua, kemampuan Anda untuk mengelola dan menjalankan bisnis tersebut. Ketiga, kemampuan Anda untuk memasarkan bisnis tersebut. Tapi intinya, produk yang populer dan dibutuhkan masyarakat luas, dijamin akan laris manis di pasaran.

Nah, apa saja ide bisnis online paling populer saat ini? Berikut tujuh ide bisnis online yang paling populer dan sangat mudah dijalankan,  bisa menjadi inspirasi untuk Anda dalam menentukan bidang bisnis yang ingin dijalani:


1.  Affiliate Marketing

Affiliate marketing/reseller adalah salah satu bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal. Cara kerja bisnis affiliate marketing/reseller dengan menjualkan produk orang lain di internet atau mempromosikan produk barang/jasa dari perusahaan orang lain di website Anda. Kmudian dari setiap penjualan produk tersebut kita akan memperoleh komisi. Besaran komisinya beragam, biasanya komisi bagi hasil: 50%-50% atau 30%-70%. Keterampilan utama yang dibutuhkan untuk bisnis online Affiliate Marketing adalah sales copywriting, web marketing, list building, dan PPC (Pay Per Click Marketing).

2. Blogging

Anda bisa menggunakan blog Anda untuk menghasilkan uang. Bagaimana caranya? Caranya adalah dengan menjual spot iklan (banner advertising/Adsense) dan memaksimalkan affiliate marketing. Anda harus memastikan bahwa blog Anda menarik dan memiliki banyak pengunjung (traffic tinggi) setiap harinya agar perusahaan/brand tertarik untuk memasang iklan di blog Anda. Akan lebih bagus jika blog Anda memiliki audiences yang spesifik (niche).

3. E-commerce Store (Toko Online)

Bisnis e-commerce atau toko online adalah salah satu ide bisnis online yang sangat populer. Sebut saja Amazon, eBay, Alibaba, dan Tokopedia. Mereka adalah deretan website e-commerce yang berhasil dan sangat sukses. Anda bisa membuka toko e-commerce kecil-kecilan dengan mudah karena saat ini telah banyak penyedia (hosting) e-commerce untuk pemula yang sangat murah dan gampang dikelola. Anda bisa memanfaatkan Shopify. Shopify adalah salah satu penyedia toko e-commerce yang banyak penggunanya.

4. Online Marketing

Jika Anda memiliki produk offline sendiri, sebaiknya anda sudah mulai berpikir untuk melakukan online marketing, yaitu memasarkan produk secara online. Tapi, jika Anda tidak punya produk offline sendiri, Anda bisa mencari rekanan yang memiliki usaha dan Anda bisa memasarkan produknya secara online. Anda akan lihat hasil penjualan Anda akan melejit.

Online Marketing bisa ditempuh dengan banyak cara. Memasarkan produk di situs marketplace, menggunakan blog, membuat fan page di Facebook, membuat akun toko di Twitter, Instagram, atau Pinterest, hingga memberdayakan blog seperti Tumblr untuk jualan. Keterampilan dasar yang harus Anda miliki agar bisa berjualan sendiri adalah copywriting, negotiation, internet marketing, social media marketing, dan search engine optimization (SEO).

5. Dropshipper

Bisnis online ini banyak dijalankan oleh orang yang memiliki modal usaha sangat minim, bahkan bisa tanpa modal. Menjadi dropshipper bahkan membuat Anda hanya membutuhkan internet, gadget dan akun social media yang aktif. Pekerjaan dropshipper adalah menjadi reseller yang menjual barang dari supplier. Anda bahkan tidak harus memiliki produk tersebut untuk bisa menjualnya. Cukup dengan menampilkan katalog dari supplier dan kemas dalam beragam teknik promosi menarik agar dibeli konsumen. Anda bisa memasang harga jual sendiri sehingga pendapatan Anda dalam bisnis ini berasal dari laba/profit penjualan produk (harga jual dari Anda dikurangi harga supplier).

6. Coaching/Consulting/Mentor

Jika Anda memiliki keterampilan khusus yang bisa diajarkan kepada khalayak, maka ide bisnis ini sangat cocok untuk Anda coba. Anda bisa membuat ebook, video tutorial, video training, dan lain-lain. Saat ini banyak orang yang sangat membutuhkan pelatihan. Anda bisa memberikan pengajaran melalui beragam media di internet, misalnya membuat tutorial di blog/website, membuat seminar online (web conference), dan mengadakan tes keterampilan. Pelatihan online yang sampai saat ini sangat tinggi peminatnya adalah sales marketing, business leadership, dan creative writing.

7. Jasa Membuat Website

Keterampilan Anda membuat website bisa jadi ladang Anda mencari penghasilan di internet. Semakin tinggi kebutuhan orang akan website, semakin terbuka lebar peluang Anda. 

Nah, bagaimana? Apakah Anda sudah punya gambaran bidang bisnis apa saja yang menarik minat Anda sesuai dengan passion (minat) dan skill (keahlian) Anda? Apapun ide bisnis online yang jadi pilihan Anda, jalankanlah dengan serius. Bekerja keraslah, naka hasilnya akan setimpal dengan usaha anda. Terkadang orang hanya ingin hasil yang cepat dan mudah. Ingat, semua butuh proses. Keberhasilan Anda merupakan rangkaian dari proses yang Anda lalui. Seperti pameo bijak mengatakan; hasil tidak akan mengingkari kerja keras kita.

Tapi pesan saya, jangan hanya kerja keras, tapi bekerjalah dengan cerdas. 
Akhirnya, selamat menjalani bisnis online. Semoga  sukses selalu menyertai Anda. Amin. (19)

Share This
Previous Post
Next Post

Professional trader and journalist. He's a simple man.

0 komentar: