Kamis, 12 April 2018

6 Tips Cerdas Kelola Kartu Kredit Agar Nggak Bikin Nyesek



Foto: Tribunnews

HIDUP di jaman now inginnya serba cepat dan serba mudah, sehingga kartu kredit memberikan solusi banyak kemudian bagi pengguna dalam berbelanja. Namun, pengguna kartu kredit perlu strategi yang tepat untuk mengelola penggunaan kartu kredit, agar tagihan kartu kredit tidak bikin nyesek di kemudian hari. 

Yes, seiring dengan semakin bertambahnya penduduk kelas menengah, kebutuhan masyarakat pada kartu kredit pun terus meningkat. Kartu Kredit sudah menjadi kebutuhan terutama bagi orang yang tidak suka memegang uang tunai. Mengapa? Karena kartu ajaib ini dapat membuat pemakainya bisa berbelanja apa saja tanpa harus memiliki uang di rekening ataupun di dompet.

Namun, Anda harus mulai belajar untuk cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Kenikmatan dan kemudahan yang ditawarkan kartu kredit seringkali membuat Anda lupa akan kondisi keuangan Anda sesungguhnya. 



Saking mudah dan menguntungkannya, kartu ajaib ini dapat membuat Anda terbuai dan akhirnya terlilit utang yang menumpuk sehingga namanya bukan lagi kartu ajaib melainkan kartu bencana.
Nah, bencana yang bersumber dari kartu kredit inilah yang akan biang masalah-masalah berikutnya  di kemudian hari. Pasti Anda tidak mau hidup dihantui utang, dikejar-kejar debt collector dengan wajah sangar, hingga akhirnya hidup melarat? 

Pakar marketing yang juga motivator sohor Tung Desem Waringin, membagikan enam tips agar  Anda bisa menggunakan kartu kredit secara cerdas:

1. Buat Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan 
Kartu kredit sering mengadakan kerja sama dengan toko-toko komersial, hal ini ditujukan untuk menarik nasabah dan memberikan kenikmatan lebih bagi penggunanya. Jika Anda cenderung akan banyak menggunakannya untuk kuliner, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di restoran.
Atau jika Anda menyukai hal-hal berbau fashion, buatlah kartu kredit yang banyak memberikan promo di outlet-outlet fashion. Apapun kesukaan Anda, cari tahu lebih lanjut promosi kartu kredit yang ditawarkan sebelum menjatuhkan pilihan.

Baca juga:  Kartu Kredit Digital Lagi Ngetren, Apa Saja Sih Keunggulannya?

2.  Tentukan Budget Pemakaian Kartu
Setiap kartu kredit memiliki limit masing-masing, karena itu usahakan untuk selalu menggunakan kartu kredit di bawah limit yang sudah ditentukan. Misalnya, limit kartu kredit Anda adalah Rp 4 juta, akan lebih baik dan aman jika Anda tidak memakainya hingga 4 juta atau bahkan lebih. 
Karena besarnya limit bukan menunjukkan bahwa Anda harus menggunakannya sampai batas maksimal. Jangan menggunakan kartu kredit hingga melebihi limit yang ditentukan, karena Anda akan dikenakan denda. Sadari kemampuan keuangan dan gunakanlah kartu kredit dengan bijak.



3.  Dua Kartu Kredit adalah Jumlah Maksimal untuk Dimiliki
Meski memberikan banyak kemudahan dan kenikmatan, Anda harus membatasi diri agar tidak memiliki kartu kredit lebih dari dua kartu. Karena semakin banyak kartu kredit akan memberikan Anda kemungkinan yang lebih besar untuk berlebihan dalam menggunakannya dan menghasilkan utang yang menumpuk. 

Semakin banyak utang semakin berat pula cicilan yang harus dibayara. Jadi, mulai saat ini jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit karena meski terlihat lebih memudahkan, ada bahaya yang sedang menanti di masa depan.

4. Atur Limit Kartu Kredit
Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, idealnya seseorang hanya boleh memiliki dua kartu kredit. Dengan dua kartu kredit, seharusnya sudah dapat memenuhi seluruh kebutuhan jika Anda pandai mengaturnya. Setiap kartu kredit memiliki limit kartu yang dapat ditentukan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan Anda. 

Supaya bisa menggunakan kartu kredit dengan cerdas, salah satu caranya adalah dengan menentukan salah satu kartu kredit dengan limit yang kecil, agar pengeluaran bisa lebih diatur dan yang satunya lagi dengan limit yang lebih besar untuk berjaga-jaga jika diperlukan. Ingat, jangan sampai lebih besar pasak daripada tiang!



Foto: Cleo

5.  Ingin Belanja? Pikir-pikir Dulu
Belanja bisa dilakukan karena kebutuhan atau keinginan. Tidak semua keinginan adalah kebutuhkan dan begitu pun sebaliknya. Berpikir panjang sebelum belanja adalah hal yang penting, karena tidak jarang banyak orang yang membeli sesuatu hanya karena nafsu semata atau keinginan sementara yang sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan atau inginkan. Maka itu, sebelum Anda menggunakan kartu kredit untuk memuaskan hasrat belanja, pikirkan dulu kegunaannya, apakah penting, bermanfaat, dan harganya layak atau tidak.

6. Amati dan Gunakan Point Reward
Sadar atau tidak, setiap kali Anda belanja pakai kartu kredit, poin dalam kartu kredit akan bertambah. Jumlah poin yang sudah terkumpul banyak dapat ditukarkan dengan barang atau promo-promo menarik. 

Penukaran poin ini merupakan salah satu keuntungan dari kartu kredit, namun Anda harus teliti dan jeli dalam mengamati serta menggunakan point reward. Dengan adanya point reward, menggunakan kartu kredit jadi semakin menguntungkan dan menyenangkan.
Yes, itulah beberapa tips cerdas dalam menggunakan kartu kredit. Tidak cukup hanya mengetahui, Anda harus mulai melakukan agar Anda dapat mengelola keuangan dengan benar, agar Anda tidak dbuat nyesek oleh kartu kredit di kemudian hari. (sb-18)

Sumber: Detikfinance.com



Share This
Previous Post
Next Post

Professional trader and journalist. He's a simple man.

0 komentar: