Senin, 06 Juni 2022

Berminat Trading Emas atau XAUUSD? Tahan Dulu, Anda Harus Memahami 10 Karakteristik Produk Logam Mulia Ini!

Wikifx.com
Ilustrasi gold (emas) atau simbol pair XAUUSD. 

BISNIS FOR LIVING - Produk logam mulia glod (emas) atau pair XAUUSD, memang menarik dan menantang adrenalin bagai seorang trader karena memiliki volatilitas pergerakan harga yang agresif dalam range lebar atau besar.

Namun jika Anda berminat trading XAUUSD, sebaiknya jangan terburu-buru memulai. Tahan dulu, Anda harus memahami dulu sedikitnya 10 karakteristik XAUUSD atau logam mulia bernama gold (emas) ini. 
 
Sebagai logam mulia, gold (emas) masuk dalam pasar komoditas global. Sejauh ini pair emas atau XAU/USD  menjadi salah satu pair yang paling banyak diperdagangkan di pasar komoditas global. 

Sebagaimana produk atau instrumen lain di pasar global, setiap pair mata uang memiliki karakteristiknya sendiri. Begitu juga pair XAUUSD memiliki banyak karakteristik unik tersendiri yang berbeda dari pair-pair mata uang. 

Namun karakteristik utama gold (emas) adalah pergerakannya yang agresif dan memiliki range pergerakan harian yang lebar atau besar. Karakteristik ini tentu berbahaya bagi trader pemula yang belum memiliki kemampuan memadai untuk trading XAUUSD, mereka akan mengalami kerugian dalam jangka pendek. 

Sebaliknya, bagi trader yang sudah berpengalaman dan memahami karakteristik emas, maka volatilitas pergerakan XAUUSD yang agresif dalam range besar itu menjadi peluang untuk mendapatkan profit besar dalam waktu cepat.

Seperti apa karakteristik emas yang perlu Anda pahami sebelum trading pada pair XAUUSD? Dilansir Bisbisforliving.com dari Hsb.co.id berdasarkan pengalaman Marc Walton, inilah 10 karakteristik gold (emas) atau XAUUSD yang harus benar-benar Anda pahami. 

Diketahui, Marc Walton adalah salah satu trader profesional yang telah mengawali karier sebagai trader sejak 2002. Dia pernah bekerja di hedge fund, dan kini menjadi mentor trading di FTA Academy, telah mendalami trading emas dan menemukan 10 karakteristik yang akan berguna bagi semua trader emas atau pair XAUUSD. 

Berikut ini 10 karakteristik gold (emas) atau XAUUSD yang diperoleh oleh Marc Walton dari pengalamannya sebagai trader profesional sejak 2002:
 
1. Emas atau XAUUSD diperdagangkan dalam range harian yang sangat lebar atau besar. Range harian antara 300-500 pips cukup sering terjadi, dan rata-rata minimal pergerakan harian adalah 150 pips.

2. Volatilitas harga emas atau XAUUSD sangat tinggi. Emas bisa bergerak 80 pips-100 pips dalam hitungan menit, dan reversal besar pun biasa terjadi. Sebuah order yang kelihatan bagus bisa cepat berubah jadi rugi. Kecepatan pergerakan harga emas di pasar menuntut trader untuk menyusun perencanaan sebelum mulai bertrading, serta membuat keputusan dalam waktu singkat. 

Jika trader menunggu terlalu lama, maka harga akan mengalami reversal segera setelah menyentuh level support-resisten dan Anda akan kehilangan gain yang sudah didapat. Tetapi, sering juga harga melesat menembus support-resisten setelah terhenti sesaat.

3. Emas atau XAUUSD punya "kepribadian ganda". Logam mulia ini bisa reli cukup jauh tanpa terkoreksi. Meski sewaktu-waktu terhenti sesaat pada level-level support-resisten penting, tetapi pullback pada pergerakan yang bagus nyaris tidak pernah terjadi. Namun akan sulit bagi trader untuk mengetahui dengan pasti kapan emas hanya "swing" dalam trend pendek dan kapan akan "running" dalam trend panjang.

4. Emas atau XAUUSD sangat 'menghormati' level support-resisten. Ini adalah salah satu karakter hebat emas. Secara teknikal, karakter ini memungkinkan emas untuk ditradingkan secara akurat dan konsisten. Pivot, Fibonacci, juga support-resisten dan trendline yang ditempatkan secara manual, biasanya diikuti dalam pola pergerakan emas.

5. Trader disarankan menunggu penutupan candle sebelum membuat keputusan, khususnya sebelum eksekusi open positian (OP) atau entry. Sebab harga bisa mengalami reversal cukup jauh dalam beberapa menit terakhir di candle M30 (30 menit), candle H1 (1 jam), dan candle H4 (4jam). Jika trading secara buru-buru, membuka posisi ketika trader mengira candle akan ditutup pada suatu level tertentu malah bisa menimbulkan kerugian besar.

6. Formasi candlestick reversal amat akurat. Tak peduli bagaimana trend secara umum, dengan mengkombinasikan formasi candlestick yang mengindikasikan reversal dengan bounce pada level support-resisten setelah pergerakan ke suatu arah, maka biasanya menghasilkan pergerakan harga yang cukup jauh, setidaknya hingga support-resisten berikutnya tercipta. Semakin besar timeframe yang digunakan, pergerakan yang dihasilkan akan semakin baik.

7. Emas atau XAUUSD bisa ditradingkan dengan baik sepanjang hari, dengan pengecualian beberapa jam terakhir di sesi New York dan beberapa jam awal sesi Asia. Begitu sesi Tokyo dibuka, emas sudah bisa ditradingkan. Pergerakan di sesi Asia lebih kecil dibanding sesi London (Eropa), dan pergerakan di sesi London biasanya lebih kecil dibanding sesi New York (Amerika Serikat). Pergerakan besar biasanya terjadi saat overlap antara sesi Eropa dan Amerika Serikat.

8. Pergerakan emas atau XAUUSD didominasi oleh price action. Indikator terbaik untuk trading emas adalah price action. Jika emas bergerak kuat melewati atau menembus suatu area, terutama setelah suatu periode price action "lemah", maka hasilnya adalah pergerakan yang sangat konsisten.
 
9. Namun hati-hati dan waspada, emas atau XAUUSD bisa membuat trader rugi besar. Jika trader tidak bisa mengidentifikasi area-area penting dan pergerakan di sekitarnya, emas bisa memicu kerugian instan, baik saat entry BUY maupun entry SELL. 
Kesalahan umum seperti melakukan OP berdasarkan insting atau mengira-ngira berdasarkan perasaan, atau trading "balas dendam" yang biasanya bisa diperbaiki dalam trading forex, justru bakal berakhir fatal dalam trading emas atau XAUUSD. 

Untuk itu, dalam trading setiap trader butuh perencanaan yang baik dan kedisiplinan untuk menaati rencana trading itu jika ingin sukses. Perencanaan trading tersebut meliputi strategi trading, money management, aturan entry point dan exit point dalam kondisi profit maupun rugi.

10. Emas adalah logam mulia yang telah dikonversi menjadi "mata uang dunia" dengan simbol XAUUSD. Banyak sekali orang terlibat dalam emas baik dalam bidang industri, investasi, maupun trading. Akan tetapi Walton mengingatkan bahwa trading emas tidak cocok untuk treader pemula, kecuali dia menggunakan strategi trading yang benar-benar telah teruji bagus di real accoount dan dalam bimbingan mentor profesional serta berpengalaman sebagai trader emas atau XAUUSD. 

Dari pengalaman Walton menjadi trader selama 20 tahun lebih, dan telah dirumuskan menjadi 10 karakteristik emas atau XAUUSD, maka dia menyimpulkan menjadi 3 poin penting begini:

  • Kenyataan bahwa dalam trading emas atau XAUUSD, jika trader tidak mampu disiplin dan trading asal-asalan tanpa ilmu atau strategi trading yang memadai, maka sudah pasti akan rugi. 
  • Walton menyarankan agar siapa saja yang ingin mencoba bertrading emas atau XAUUSD agar terlebih dulu mencoba menggunakan demo account selama 2-3 bulan sebelum bertrading dengan real account. 
  • Memonitor dan menganalisa pergerakan emas atau XAUUSD merupakan tahap penting sebelum bisa mendapatkan profit. Untuk itu trader harus memiliki strategi trading yang andal, terutama terkait aturan entry point dan aturan exit point. 
Silakan Anda mencoba apa saja yang disarankan Marc Walton tersebut. Namun jika Anda sudah mencoba berkali-kali trading emas atau XAUUSD dan tetap saja mengalami loss, berarti Anda belum memiliki strategi trading yang bagus atau andal.

Bisnisforliving.com merekomendasikan Anda bisa mencoba trading emas atau XAUUSD menggunakan HYPER PIPS Trading Strategy. Jika Anda berminat, silakan berkunjung: KE SINI
Share This
Latest
Next Post

Professional trader and journalist. He's a simple man.

0 komentar: